STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN OLEH PEMERINTAH DESA MILANGODAA KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
SULISTIAWATI TANGIA / S2217016
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Pelayanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dalam pelayanan
yang dilakukan Pemerintah Desa Milangodaa Kabupaten Bolaang Mongondow
Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan
pendekatan Kualitatif. Informan penelitian diperoleh secara sengaja (purposive)
memperoleh data penelitian melalui kegiatan Observasi, Wawancara mendalam
dengan para informan, serta kajian dokumen dan literatur. dengan menggunakan
Analisis Data Reduksi Data, Penyajian Data dan Kesimpulan. Pengamatan awala
yang telah dilakukan di kantor Desa Milangodaa bahwa terdapat beberapa
permasalahan mengenai sebuah kulitas pelayanan. Dari segi pelayanan yang
ada,seringkali terjadi ketidaktepatan jam kerja dan waktu dalam pengurusan surat
meyurat atau urusan masyarakat, kurangnya evaluasi aparat desa dalam pelayanan
yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam
pelayanan oleh pemerintah Desa Milangodaa Kabupaten Bolaang Mongondow
Selatan berjalan cukup efektif dilihat dari penyusunan pesan sudah tepat karena
penyampaian informasi, aparat Desa Milangodaa mengadakan sosialisasi yang
diadakan di majelis taklim sehingga masyarakat merasa tertarik; menetapkan
metode sudah tepat karena dalam penyampaian informasi atau kebijakan-kebijakan
aparat Desa Milangodaa mengunakan metode redundancy atau penyampaian
informasi secara berulang dan informatif; seleksi dan penggunaan media sudah
cukup tepat karena media yang digunakan berbentuk tulisan dan ucapan secara
langsung; peranan komunikator sudah tepat karena aparat desa (komunikator)
menyampaikan informasi secara jelas