PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR CAMAT PATILANGGIO KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
TITIN ABDULLAH / S2116118
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Pelayanan Prima
Abstrak:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Camat Patilanggio Kabupaten Pohuwato serta Faktor apa sajakah yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Camat Patilanggio Kabupaten Pohuwato.
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggali fakta yang ingin diketahui dan kemudian dideskripsikan apa adanya, tidak memanipulasi data serta tidak dilakukan uji hipotesis. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling yakni pemilihan informan penelitian secara sengaja oleh peneliti yang didasarkan atas kriteria dan pertimbangan tertentu.
Hasil penelitian menunjukan Pelaksanaan Pelayanan Prima di Kantor Camat Patilanggio dilihat dari 6 (enam) indikator penelitian berdasarkan Kep. MENPAN No. 63/KEP/M.PAN/7/2003, berdasarkan hasil penelitian sudah berjalan baik dan efektifi hal ini dapat di lihat baik dari prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas di kantor camat patilanggio sudah dilaksanakan dengan baik meskipun belum sempurna.
Meskipun pelayanan tersebut sudah berjalan baik akan tetapi masih terdapat beberapa Kendala yang dihadapi oleh Kantor Camat Patilanggio dalam pelaksanaan pelayanan prima kepada masyarakat sangat menghambat proses pelayanan. Adapun kendala tersebut diantaranya: belum tersedianya alur prosedur pelayanan, kurangnya pegawai di Seksi Pelayanan, belum adanya sosialisasi secara menyeluruh berkaitan dengan semua program layanan.