SKRIPSI

File Icon

PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPARE PART HINO PADA PT. NENGGAPRATAMA PRIMA NUSANTARA DI KOTA GORONTALO

Tanggal Upload: 31/05/2025

Penulis / NIM:
SUYATNO / E2116111

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2020

Kata Kunci:
Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi harga dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian spare part hino pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara, baik secara simutan maupun secara parsial. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pertanyaan/pernyataan yang di uji melalui uji validitas dan reliabilitas setiap item pernyataan/pertanyaan yang terdapat pada daftar kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Objek dalam peneltian ini adalah keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa variabel Persepsi Harga (X1) dan Persepsi Kualitas Produk (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara. Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.690 (69%). Hasil perolehan untuk uji Fhitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 90.092 sedangkan Ftabel sebesar 3.110 dan probability sig 0,000 < alpha (α) = 0,05. Hipotesis kedua bahwa Variabel Persepsi Harga (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) berpengaruh positif dan signifikan pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara. Nilai probability alpha (α) (0.000 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (7.349 > 1.664). Hipotesis ketiga bahwa variabel Persepsi Kualitas Produk (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara. Nilai probability alpha (α) (0.000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (5.249 > 1.664).
Berkas Lampiran
Unduh File