SKRIPSI

File Icon

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DANKOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK NEGERI 3 KOTA G GORONTALO

Tanggal Upload: 29/05/2025

Penulis / NIM:
PRAMAYANSYIH PUTRI BILONTALO / E2120008

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2024

Kata Kunci:
kecerdasan emosional, kompetensi, kinerja guru

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (X1) dan kompetensi (X2) terhadap kinerja guru (Y) pada SMK Negeri 3 Kota Gorontalo baik secara simultan maupun parsial. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pertanyaan melalui uji validitas dan reabilitas setiap item. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analisis), dengan terlebih dahulu mengkonfersi data skala ordinal ke skala interval. Objek dalam penelitian ini kecerdasan emosional, kompetensi, dan kinerja guru. Hasil hipotesis pertama menunjukkan bahwa kecerdasan emosional (X1) dengan kompetensi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) pada SMK Negeri 3 Kota Gorontalo sebesar 79,1%. Nilai 20,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model penelitian. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) sebesar 38,0% dan kompetensi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) sebesar 63,2%
Berkas Lampiran
Unduh File