SKRIPSI

File Icon

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPERCAYAAN PADA MAXIM TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA GORONTALO

Tanggal Upload: 30/05/2025

Penulis / NIM:
HARSON HASAN / E2121095

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
kualitas layanan, kepercayaan, loyalitas pelanggan

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan sebagai Variabel Intervenig terhadap Loyalitas Pelanggan Maxim Transportasi Online di Kota Gorontalo. Dalam pengumpulan data ini menggunakan kuisioner yang berisi daftar item-item peryataan responden yang dilakukan melalui alat pengujian validitas dan reabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (p(path analysis) dengan terlebih dahulu melakukan konversi data dari skala data ordinal ke skala data interval. Yang menjadi objbjek penelitian ini adalah variabel independent Kualitas Layanan (X), Variabel Intervening Kepercayaan (Z), dan Variabel dependen Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan sebesar 0,612 (61,2%), Kualitas Layanan (X) memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) sebesar 0,530 (5,30%), Kepercayaan (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelangggan (Y) sebesar 0,512 (51,2%), Kualitas Layanan (X) yang dimediasi oleh Kepercayaan (Z) perpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) sebesar 0,242 (24,2%) sedangkan jenis mediasinya adalah f full mediation.
Berkas Lampiran
Unduh File