PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PEMBERIAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HYPERMART GORONTALO
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
DINASTASYA ANGRAINI IBRAHIM / E2116155
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
keragaman produk, pemberian diskon, keputusan pembelian
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keragaman
produk (X1) dan pemberian diskon (X2) secara simultan terhadap keputusan
pembelian (Y) pada Hypermart Gorontalo, 2) menganalisis pengaruh keragaman
produk (X1) secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) pada Hypermart
Gorontalo, dan 3) menganalisis pengaruh pemberian diskon (X2) secara parsial
terhadap keputusan pembelian (Y) pada Hypermart Gorontalo. Metode yang
digunakan di dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian
secara deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Hypermart
Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analys).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keragaman produk (X1) dan pemberian
diskon (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
berdasarkan uji F dimana Fhitung 61,038>Ftabel 3,090 dan tingkat signifikan dimana
probability sig 0,000 < probability a 0,05. 2) Keragaman Produk Secara Parsial
sebesar 0,469 atau 46,9% dan nilai probability sig 0,000 < probability a 0,05, serta
nilai t- hitung > t-tabel (5,722 > 1,661). Pemberian diskon (X2) secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien
nilai t-hitung t-tabel (4,565>1,661).