SKRIPSI

File Icon

PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PEMBERIAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HYPERMART GORONTALO

Tanggal Upload: 04/06/2025

Penulis / NIM:
DINASTASYA ANGRAINI IBRAHIM / E2116155

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
keragaman produk, pemberian diskon, keputusan pembelian

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keragaman produk (X1) dan pemberian diskon (X2) secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) pada Hypermart Gorontalo, 2) menganalisis pengaruh keragaman produk (X1) secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) pada Hypermart Gorontalo, dan 3) menganalisis pengaruh pemberian diskon (X2) secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) pada Hypermart Gorontalo. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Hypermart Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keragaman produk (X1) dan pemberian diskon (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian berdasarkan uji F dimana Fhitung 61,038>Ftabel 3,090 dan tingkat signifikan dimana probability sig 0,000 < probability a 0,05. 2) Keragaman Produk Secara Parsial sebesar 0,469 atau 46,9% dan nilai probability sig 0,000 < probability a 0,05, serta nilai t- hitung > t-tabel (5,722 > 1,661). Pemberian diskon (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien nilai t-hitung t-tabel (4,565>1,661).
Berkas Lampiran
Unduh File