PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN LEARNING ORGANISASI TERHADAP PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT GURU SMP NEGERI 2GORONTALO
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
AMELIA DJAILANI / E2118003
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
kepemimpinan partisipatif, learning organization, psychological empowerment
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan partisipatif (X1) dan learning organization (X2) terhadap psychological empowerment guru(Y) di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menyajikan angka-angka. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 responden dengan menggunakan metode sensus. Cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Hasil penelitian menunjukan secara simultankepemimpinan partisipatif (X1) dan learning organization (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap p psychological empowerment guru (Y) di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo sebesar 0,613 atau 61,3 %. Secara parsial bahwa kepemimpinan partisipatif (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap etos psychological empowerment guru (Y) di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo sebesar 0,521 atau 52,1%. Pengaruh learning organization (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap psychological empowerment guru (Y) di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo sebesar 0,322 atau 32,2 % sedangkan variabel luar yang tidak diteliti sebesar 0,387 atau 38,7%.