PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
DELA AFRIANI / S2118102
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
disiplin kerja pegawai, kualitas pelayanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Disiplin Kerja
Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Perusahaan Daerah Air Minum
(PDAM) Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier,
dengan jumlah sampel sebanyak 57 orang. Hasil penelitian yaitu uji hipotesis
antara disiplin kerja pegawai (X) terhadap kualitas pelayanan (Y) di Perusahaan
Daerah Air Minum (PDAM) didapatkan nilai sig untuk pengaruh variabel disiplin
kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan diperoleh sebesar 0,000 sedangkan
nilai adalah 0,05. Jika kedua nilai tersebut dibandingkan maka nilai sig (0,000)
masih lebih kecil dibandingkan dengan nilai (0,05). Maka dari itu disimpulkan
bahwa disiplin kerja pegawai positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Besaran pengaruh disiplin kerja pegawai
terhadap kualitas pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah
sebesar 30,1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.