PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 BULANGO UTARA, KABUPATEN BONE BOLANGO
Tanggal Upload: 13/07/2025
Penulis / NIM:
BUDYA RAHMAN D. DUNGGIO / E2121060
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Literasi Digital, Kinerja
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional (X1)dan Literasi Digital (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) di SMK Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berdasarkan pada angka-angka.Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah sensus. Cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan kecerdasan emosional (X1) dan literasi digital (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,805 atau 80,5 %. Secara parsial Kecerdasan emosional (X1) berpengaruh p positif dan signifikan terhadap k kinerja (Y) sebesar 0,312 atau 31,2 %. Pengaruh literasi digital (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (Y) sebesar 0,211 atau 21,1 % sedangkan variabel diluar yang tidak masuk dalam penelitian sebesar 0,195 atau 19,5 %