ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENETAPKAN HARGA JUAL PRODUK STUDI KASUS PADA UMKM KUE KERING EGIGA STAR DI KECAMATAN GENTUMA RAYA
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
FEGGY MELATI ILOLU / E1117123
Program Studi:
S1 Akuntansi
Kata Kunci:
Harga Pokok Produksi, Full Costing, Variable Costing, Harga Jual, Cost-Plus Pricing Method.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dan variable costing serta menetapkan harga jual produk dengan menggunakan metode cost-plus pricing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah dalam menetapkan harga jual jika ingin harga jual yang lebih tinggi maka bisa menggunakan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing. Sebaliknya jika ingin harga jual yang lebih rendah maka bisa menggunakan metode cost-plus pricing dengan pendekatan variable costing. Hal ini dikarenakan pendekatan full costing memasukan semua unsur biaya baik yang bersifat tetap maupun yang bersifat variabel dalam menghitung harga pokok produksi. Sementara untuk pendekatan variable costing hanya memasukan biaya overhead pabrik variabel dalam menghitung harga pokok produksi. Pencacatan laporan keuangan UMKM Kue Kering Egiga Star masih sangat sederhana.