PERAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA DD MART MARISA KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
NUR AIN MOHI / E2119097
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
bauran pemasaran, kepuasan pelanggan
Abstrak:
Tujuan penelitian yang dilaksanakan pada DD Mart Marisa Kabupaten Pohuwato
adalah menganalisis peran strategi bauran pemasaran yang berupa produk, harga,
distribusi, dan promosi baik secara parsial maupun secara simultan dalam
meningkatkan kepuasan pelanggan pada DD Mart Marisa Kabupaten Pohuwato.
Untuk menguji peran beberapa variabel bebas terhadap variabel terikat
digunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data penelitian,
penerapan strategi bauran pemasaran berupa produk, harga, promosi dan saluran
distribusi secara simultan memiliki peranan sebesar 30,4% dan tidak signifikan
dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada DD Mart Marisa Kabupaten
Pohuwato. Secara parsial peran strategi sebesar 1,7% secara tidak langsung dan
tidak signifikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan DD Mart Marisa.
Strategi harga secara parsial memiliki peranan sebesar 52,2% dan signifikan
dalam meningkatkan kepuasan pelanggan DD Mart Marisa. Strategi promosi
secara parsial memiliki peranan positif sebesar 67,6% dan tidak signifikan dalam
meningkatkan kepuasan pelanggan DD Mart Marisa dan strategi salauran
dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada Mart Marisa.