PENGARUH ORIENTASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECOND CLOTHING PADA THRIFT SHOP DI KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
PUTRI RAMADHANI I. KADIR / E2119011
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
gaya hidup, ekonomi, lingkungan,keputusan pembelian
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup(X1), ekonomi (X2)dan lingkungan (X3)terhadap keputusan pembelian(Y)second clothing di thrift shop Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan merujuk padaangka-angka.Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orangresponden dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis.Hasil penelitianmenunjukan bahwasecara simultangaya hidup(X1),ekonomi(X2)dan lingkungan (X3)berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian (Y)second clothing di thrift shopKotaGorontalo sebesar0,661atau 66,1%.Secara parsial gaya hidup(X1) berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y)second clothing di thrift shopKota Gorontalo sebesar0,374atau 37,4%.Pengaruh ekonomi(X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) second clothing di thrift shopKota Gorontalo sebesar 0,822atau 82,2%dan variabel lingkungan (X3) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y)second clothing di thrift shop Kota Gorontalo sebesar -0,327 atau 32,7 %.sedangkan variabel luar yang tidak diteliti sebesar 0,339 atau 33,9%