SKRIPSI

File Icon

aktivitas promosi dinas pariwisata kepemudaan dan olahraga kota gorontalo dalam upaya menarik minat masyarakat mengunjungi wisata benteng otanaha

Tanggal Upload: 01/06/2025

Penulis / NIM:
FAUZIA ARABELA SAFARI / S2217022

Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
Aktivitas Promosi, Wisata

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas promosi dinas pariwisatakepemudaan dan olahraga dalam upaya menarik minat masyarakat mengunjungiwisata benteng otanaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, wawancara, dengan informan penelitian yang menjadi sumberinformasi berjumlah 5 orang. Penelitian ini dilakukan di Dinas PariwisataKepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo dengan menggunakan metodekualitatif deskriptif. Penelitian ini di fokuksan pada aktivitas promosi yaitu iklan, pemasaran langsung, kehumasan, dan pemasaran interaktif. Berdasarkan hasilpenelitian aktivitas promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwsata Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo untuk meningkatkan kembali jumlah pengunjungwisata Benteng Otanaha yaitu dengan iklan melalui media cetak, dan media elektronik, di mana media yang digunakan adalah Koran, radio, leaflet, dan brosur. Pemasaran langsung yaitu dengan melakukan acara (events), seperti festival otanaha, pemilihan nou dan uti serta wisata akhir tahun. Kehumasandilakukan dengan menjalin kerjasama pihak-pihak yang membantumempromosikan wisata benteng otanaha seperti bekerja sama dengan beberapapihak hotel yang ada di Gorontalo dan juga komunitas Masyarakat Fotografi Gorontalo (MFG) yang melakukan promosi melalui fotografi. Pemasran interaktif yang dilakukan yaitu dengan mempromosikan Benteng Otanaha melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Website agar wisata BentengOtanaha dapat dikenal lebih luas lagi.
Berkas Lampiran
Unduh File