PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN GORONTALO UTARA
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
WISNA J. PAKAJI / S2118054
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Good Governance; Pelayanan Publik; Perizinan
Abstrak:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor akuntabilitas pelayanan
menunjukkan sudah sesuai dengan pedoman regulasi dan standar operasioanl
prosedur (SOP) yang berlaku diantaranya terkait dengan kemudahan
berinvestasi; 2) Faktor transparansi pelayanan menjunjukkan peningkatan
yang cukup optimal, dimana media pelayanan yang ada di DPM-PTSP sudah
sebagian berbasis webside; 3) Faktor partisipasi pelayanan menunjukkan
belum cukup maksimal dimana keterlibatan publik dalam pemberian ide-ide
pelayanan belum dapat dimaksimalkan oleh DPM-PTSP Kabupaten
Gorontalo; 4) Faktor supremasi hukum pelayanan menunjukkan peningkatan
yang cukup optimal dimana regulasi tentang Undang-Undang No 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja berdampak langsung pada kemudahan proses
pelayanan perizinan.