PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DIKANTOR KECAMATAN HULONTHALANGI KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
CENDANA RUSDIN APUADJI / S2118091
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan Publik
Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja
pegawai terhadap kualitas pelayanan public di Kantor Kecamatan Hulonthalangi
Kota Gorontalo
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data regresi
linier. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh
pegawai yang bekerja Kantor Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo yang
berjumlah 23 orang.
Hasil penelitian dilapangan ditemukan Pengujian kuesioner tentang instrumen
Kinerja Pegwai (X) dan Kualitas Pelayanan Publik (Y) dinyatakan Valid dan
dapat dilanjutkan untuk pengujian Reliabitas. Nilai reliabilitas (ri) dari instrument
pertanyan Kinerja Pegawai (X) berdasarkan nilai Cronnbach’s Alpha
0,971>0,404 (r-tabel) sedangkan nilai reliabilitas (ri) dari instrumen pertanyaan
Kualitas Pelayanan Publik (Y) Cronnbach’s Alpha 0,823>0,404 maka
sebagaimana dasar pengambilan keputusan yang sudah dijabarkan diatas dapat
disimpulkan bahwa instrumet pertanyaan Kinerja Anggota (X) dan Kualitas
Pelayanan Publik (Y) dinyatakan Reliabel. Nilai r-hitung untuk hubungan Kinerja
Pegawai (X) 0,422>0363 (r-tabel) dan untuk nilai r-hitung untuk Kualitas
Pelayanan Publik (Y) 1,000>0,368 (r-tabel) maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan korelasi yang kuat antara Kinerja Pegawai (X) terhadap
Kualitas Pelayanan Publik (Y). Kinerja Pegawai (X) berpengaruh positif terhadap
Kualitas Pelayanan Publik (Y) dengan total pengaruh sebesar sebesar 57,8%
sedangkan 42,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil ini dapat
dikatakan bahwa semakin meningkat Kinerja Pegawai maka akan semakin
meningkat pula Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Hulonthalangi
Kota Gorontalo.