PENGARUH MANAJEMEN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PELAYANAN MASYARAKAT PADA KANTOR CAMAT BULANGO TIMUR
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
RISKI SUMA / E2118010
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Kualitas Fisik Dan Kualitas Non Fisik, Kinerja Pelayanan Masyarakat.
Abstrak:
Penelitian/kajian/studi ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Camat Bulango Timur baik secara simultan maupun parsial. Mendeskripsikan/mengetahui/menganalisis fenomena melalui Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan/pertanyaan yang diuji melalui uji validitas dan reabilitas setiap item pernyataan/pertanyaan yang terdapat pada daftar pernyataan/pertanyaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analisis) dengan terlebih dahulu memgkonfersi data skala ordinal ke skala interval. Objek dalam penelitian ini adalah Kualitas Fisik Dan Kualitas Non Fisik, Kinerja Pelayanan Masyarakat.Hasil hipotesis pertama menunjukan bahwa Kualitas Fisik (X1), dan Kualitas Non Fisik (X2) secara simultan berpengaruh positif dan Signifikan terhadap Kinerja Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Camat Bulango Timur sebasar 72,7%. Sedangkan 27,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model penelitian. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa Kualitas Fisik (X1), dan Kualitas Non Fisik (X2) secara simultan berpengaruh positif dan Signifikan terhadap Kinerja Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Camat Bulango Timur variabel Kualitas Fisik (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan Masyarakat (Y) sebesar 57,6%. Kualitas Non Fisik (X2), secara parsial berpengaruh signifikan terhadapKinerja Pelayanan Masyarakat (Y) sebesar 42,2%.