Pengaruh Kinerja Pengawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bidang Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Zainal Umar SIDIKI Kabupaten Gorontalo Utara
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
FERLIN I. LATONGGU / S2119034
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
kinerja pegawai, kualitas pelayanan, rawat jalan, rumah sakit
Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Bidang Poli Rawat Jalan Rumah Sakit dr. Zainal Umar Sidiki Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Bidang Poli Rawat Jalan Rumah Sakit dr. Zainal Umar Sidiki Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji korelasi, dan regresi sederhana. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Kinerja Pegawai (X) dan Kualitas Pelayanan (Y) dengan nilai r=0,493 ; P<0,001 Nilai r hitung atau pearson correlation dalam analisis ini adalah positif, artinya bahwa semakin tinggi Kinerja Pegawai (X), semakin tinggi pula Kualitas Pelayanan (Y). Hasil analisis regresi menunjukkan Kinerja Pegawai (X) memiliki nilai signifikansi 0,001<0,005, sehingga Kinerja Pegawai (X) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan (Y), dan H1 diterima. Nilai itu memiliki arti bahwa sumbangan variabel Kinerja Pegawai (X) terhadap Kualitas Pelayanan (Y) adalah 45,5%. Nilai sisanya, 54,5 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.