SKRIPSI

File Icon

GAME EDUKATIF BENTUK PUZZLE PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA BERBASIS ANDROID

Tanggal Upload: 03/09/2024

Penulis / NIM:
AMIR HUSAIN / T3116208

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2020

Kata Kunci:

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah game yang mampu memberikan pembelajaran dan pengetahuan yang lebih tentang Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia berbasis android dan bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi game edukatif bentuk puzzle pengenalan Tokoh Pahlawan Naisonal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan software pendukung yaitu Construct 2. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, konstruksi, pengembangan dan pengujian sistem. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang ditinjau oleh pakar media dan ahli materi, kemudain yang menjadi media uji coba adalah siswa. Penelitian dan pengujian ini dilakukan di SD Negeri 1 Tilamuta dengan melibatkan 11 siswa yang memberikan penilaian terhadap game melalui kuesioner, kemudian penilaian diterjemahkan menjadi deskriptif kualitatif untuk mengetahui kelayakan game. Aplikasi ini telah bebas dari kesalahan komponen-komponennya berdasarkan pengujian Black Box, dari hasil pengujian User Acceptance aplikasi dapat dimanfaatkan oleh anak-anak SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diperoleh Game Edukatif Bentuk Puzzle Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia Berbasis Android yang baik dan efektif sehingga dapat diimplementasikan.
Berkas Lampiran
Unduh File