KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN TOLITOLI
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
AFANNY DHEA ARUM SASTRAWATI / S2118128
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli dengan pendekatan penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ketidak nyamanan pegawai dalam melangsungkan pelayanan yakni merasa tidak nyaman terkait dengan pendingin ruangan yang tidak terlalu berfungsi atau kurang dingin. Selanjutnya masyarakat jg merasa tidak nyaman karena biasanya jika masyarakat terkadang banyak untuk dilayani maka ruangan terasa penuh dan panas. Itu berimbas kepada pegawai yang sedang melangsungkan proses pelayanan publik.
proses pelayanan terkendala terkait dengan gangguan jaringan yang seringkali terjadi. Kemudian kehabisan blangko dengan demikian proses pelayanan terkendala.