SKRIPSI

File Icon

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Tanggal Upload: 03/06/2025

Penulis / NIM:
GIO VANNI ROMPAS / E2117098

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2021

Kata Kunci:
Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar Pengaruh Ukuran Perusahaan, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian tahun 2015-2019. Sampel dari penelitian ini berjumlah 8 perusahaan. Metode penentuan sampel digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda.Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa ukuran perusahaan (Ln Total Asset) (X1) dan Corporate Social Responsibility (CSRDI) (X2) secara simultan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) (Y). Besarnya pengaruh simultan adalah 6,2% sedangkan sisanya 94,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti. Secara parsial ukuran perusahaan (ln Total Asset) (X1) terhadap nilai perusahaan (PBV) (Y) sebesar 4,9%, besar pengaruhnya signifikan berdasarkan uji_t dan memiliki arah yang positif. Corporate Social Responsibility (CSRDI) (X2) terhadap nilai perusahaan (PBV) sebesar 51,8%, besar pengaruhnya tidak signifikan berdasarkan uji_t dan memiliki arah yang negative.Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (2) Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Berkas Lampiran
Unduh File