PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT WONOSARI KABUPATEN BOALEMO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
ELVIN RAHIM / S2118026
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
perilaku birokrasi,kualitas pelayanan publik, Kantor Camat Wonosari.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh perilaku
birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik di kantor camat wonosari kabupaten
boalemo. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode
survey dangan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel menggunakan
teknik aksidental, yakni warga masyarakat yang sedang mengurus pelayan di
kantor camat Limboto dan bertemu dengan peneliti, yaitu sebanyak 40 orang.
Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil
penelitian menunjukkan perilaku birokrasi berpengaruh terhadap kualitas
pelayanan publik di Kantor Camat Wonosari Kabupaten Boalemo sebesar 0,251
atau 25,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku birokrasi dikantor
camat masih di kategorikan masih lemah dalam memberikan pelayanan
masyarakat. Hal ini berarti perilaku birokrasi pemerintah kecamatan wonosari
sudah cukup memiliki semangat agar dalam menghasilkan pelayanan yang
diinginkan.