PENGARUH STRATEGI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FURNITURE OLYMPIC PADA PT. GRAHA MULTI BINTANG
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
ARTDHANIEL E. RARES / E2118079
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
strategi produk, keputusan pembelian
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Strategi Produk (X) yang
Terdiri Dari Dari Strategi Lingkup Produk (X1), Strategi Desain Produk (X2), Dan
Value-Marketing Strategy (X3) Secara Simultan Terhadap Keputusan Pembelian
(Y) Pada Furniture Olympic, 2) Pengaruh Strategi Lingkup Produk (X1) Secara
Parsial Terhadap Keputusan Pembelian (Y), 3) Pengaruh Strategi Desain Produk
(X2) Secara Parsial Terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan 4) Pengaruh ValueMarketing Strategy (X3) Secara Parsial Terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Metode yang digunakan didalam penelitian ini melalui pendekatan Kuantitatif
dengan penyajian secara deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen
Funiture Olympic, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analys).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian berdasarkan uji F dimana Fhitung 17,255>Ftabel 2,71
dan tingkat signifikan dimana Probability sig 0,000< Probability α 0,05. 2) Secara
Parsial Berpengaruh Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y), dengan nilai
koefisien sebesar 0,211 atau 21,1% dan nilai Probability sig 0,033< Probability α
0,05 serta nilai thitung>ttabel (2,577>1,661). Strategi Desain Produk (X2) Secara
Parsial Berpengaruh Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y). dengan nilai
koefisien sebesar 0,328 atau 32,8% dan nilai Probability sig 0,033< Probability α
0,05 serta nilai thitung>ttabel (3,066>1,661). 4) Strategi Value Marketing Strategi (X3)
Secara Parsial Berpengaruh Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y)
mempunyai nilai koefisien sebesar 0,243 atau 24,3% dengan nilai Probability sig
0,013< Probability α 0,05 nilai thitung>ttabel (2,546>1,661).