ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN SANGKUB KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
SUPANI / P2218030
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
jagung, margin, pemasaran, petani
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan marjin pemasaran
jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang
Mongondow Utara. Penelitian telah dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yaitu Maret
sampai Mei 2022 di Desa Suka Makmur Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang
Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Metode penentuan daerah penelitian
dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Desa Suka Makmur Kecamatan
Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan dasar Kecamatan Sangkub
merupakan kecamatan yang memiliki produktivitas tertinggi di Kabupaten Bolaang
Mongondow Utara. Adapun Populasi dalam penelitan ini yaitu seluruh petani
jagung di Desa Suka Makmur yang berjumlah 131 orang dengan 5 orang pedagang.
Analisis saluran pemasaran dilakukan secara deskriptif berdasarkan hasil observasi
dan wawancara peneliti kepada para petani atau pedagang yang terkait. Kajian
kelembagaan pemasaran menyangkut pemahaman terhadap norma yang terjadi
dalam setiap transaksi ekonomi antar lembaga pemasaran baik secara langsung
maupun tidak langsung pada efisiensi dan efektivitas pemasaran jagung. Hasil
penelitian ditemukan bahwa saluran pemasaran jagung di Desa Suka Makmur
Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terdapat dua saluran,
yaitu saluran pemasaran I (petani - pabrik/perusahaan) dan saluran pemasaran II
(petani - pedagang pengumpul - pabrik/perusahaan). Selanjutnya margin pemasaran
untuk masing-masing saluran yaitu pada saluran pertama tidak terdapat selisih dan
pada saluran kedua diperoleh margin sebesar Rp.1.000,-