SKRIPSI

File Icon

ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN SANGKUB KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

Tanggal Upload: 03/06/2025

Penulis / NIM:
SUPANI / P2218030

Program Studi:
S1 Agribisnis

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
jagung, margin, pemasaran, petani

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan marjin pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian telah dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yaitu Maret sampai Mei 2022 di Desa Suka Makmur Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Desa Suka Makmur Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan dasar Kecamatan Sangkub merupakan kecamatan yang memiliki produktivitas tertinggi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Adapun Populasi dalam penelitan ini yaitu seluruh petani jagung di Desa Suka Makmur yang berjumlah 131 orang dengan 5 orang pedagang. Analisis saluran pemasaran dilakukan secara deskriptif berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti kepada para petani atau pedagang yang terkait. Kajian kelembagaan pemasaran menyangkut pemahaman terhadap norma yang terjadi dalam setiap transaksi ekonomi antar lembaga pemasaran baik secara langsung maupun tidak langsung pada efisiensi dan efektivitas pemasaran jagung. Hasil penelitian ditemukan bahwa saluran pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terdapat dua saluran, yaitu saluran pemasaran I (petani - pabrik/perusahaan) dan saluran pemasaran II (petani - pedagang pengumpul - pabrik/perusahaan). Selanjutnya margin pemasaran untuk masing-masing saluran yaitu pada saluran pertama tidak terdapat selisih dan pada saluran kedua diperoleh margin sebesar Rp.1.000,-
Berkas Lampiran
Unduh File