SKRIPSI

File Icon

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VAPE (Studi Kasus Pada Raja Vape Gorontalo)

Tanggal Upload: 02/06/2025

Penulis / NIM:
AMIL HALIM / E2119094

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
Social Media Marketing, Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building, Keputusan Pembelian

Abstrak:

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Social Media Marketing meliputi Content Creation, Content Sharing, Connecting, dan Community Building baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa Social Media Marketing meliputi Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.923 (92.3%). Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 274.136 sedangkan F-tabel sebesar 2.470 dan probability sig 0.000 < probability α = 0,05. Hipotesis kedua Social Media Marketing meliputi Content Creation (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0.001 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.394 > 1.661). Hipotesis ketiga Social Media Marketing meliputi Content Sharing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai probability alpha (α) (0.035 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2.172 > 1.661). Hipotesis keempat Social Media Marketing meliputi Connecting (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai probability alpha (α) (0.000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (6.313 > 1.661). Hipotesis kelima Social Media Marketing meliputi Community Building (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai probability alpha (α) (0.001 < 0,05). Sedangkan untuk nilai thitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.575 > 1.661).
Berkas Lampiran
Unduh File