PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VAPE (Studi Kasus Pada Raja Vape Gorontalo)
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
AMIL HALIM / E2119094
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Social Media Marketing, Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building, Keputusan Pembelian
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Social Media
Marketing meliputi Content Creation, Content Sharing, Connecting, dan
Community Building baik secara simultan maupun secara parsial terhadap
Keputusan Pembelian (Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau
path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang
diajukan mengatakan bahwa Social Media Marketing meliputi Content Creation
(X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4)
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian
(Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.923 (92.3%). Hasil
perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 274.136 sedangkan
F-tabel sebesar 2.470 dan probability sig 0.000 < probability α = 0,05. Hipotesis
kedua Social Media Marketing meliputi Content Creation (X1) terhadap Keputusan
Pembelian (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0.001
< 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.394 > 1.661).
Hipotesis ketiga Social Media Marketing meliputi Content Sharing (X2) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai probability alpha
(α) (0.035 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2.172
> 1.661). Hipotesis keempat Social Media Marketing meliputi Connecting (X3)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai
probability alpha (α) (0.000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari
nilai t-tabel (6.313 > 1.661). Hipotesis kelima Social Media Marketing meliputi
Community Building (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian (Y). Nilai probability alpha (α) (0.001 < 0,05). Sedangkan untuk nilai thitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.575 > 1.661).