PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KERELASIAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK, UNIT KOTA BARAT K
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
KRISTIWA NAPU / E2118115
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
komunikasi pemasaran, kerelasian nasabah, loyalitas nasabah
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari Komunikasi Pemasaran (X1) dan
Kerelasian Nasabah (X2) baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Loyalitas
Nasabah (Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis.
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan
bahwa Komunikasi Pemasaran (X1) dan Kerelasian Nasabah (X2) secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y). Dengan nilai
koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.857 (85.7%). Hasil perolehan untuk uji Fhitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 281.760 sedangkan F-tabel sebesar 3.090 dan
probability sig 0.000 < probability α = 0,05. Hipotesis kedua Komunikasi Pemasaran (X1)
terhadap Loyalitas Nasabah (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha
(α) (0.000 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel
(8.506>1.661). Hipotesis ketiga Kerelasian Nasabah (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y). Nilai probability alpha (α) (0.000 <
0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4.836 > 1.661).