STRATEGI KOMUNIKASI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA GORONTALODALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PELANGGAN
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
PUTRI ANGGREANY M. PAKAYA / S2218036
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
Strategi komunikasi, Pelayanan Publik,
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang
dilakukan oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Gorontalo dalam
memberikan informasi kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk memperoleh fenomenafenomena yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PDAM
Kota gorontalo telah menerapkan strategi komunikasi yaitu melalui: (1) Mengenal
Khalayak; Khalayak sasaran perusahaan difokuskan kepada calon
pelanggan,pelanggan sebagai target penerima informasi. (2) Menyusun pesan
;Pesan yang dimaksud ialah berupa penerangan oleh perusahaan terkait keluhan
pelanggan yang diajukan hingga informasi umum yang dibutuhkan oleh
pelanggan.(3) Penggunaan Media ; Media sosial banyak digunakan sebagai alat
dalam memberikan informasi kepada pelanggan. karena kecepatan dan
kemudahan dalam proses komunikasinya. PDAM Kota Gorontalo juga
memanfaatkan media cetak seperti koran,baliho dan pamflet(4) Menetapkan
metode ; beberapa metode yang digunakan oleh PDAM Kota Gorontalo dalam
memberikan informasi yaitu Redundancy atau metode penyampaian pesan secara
berulang, Edukatif metode penyampaian pesan dengan cara menerangkan pesan
disesuaikan dengan fakta,data yang terjadi dilapangan, dan Metode informatif
berupa penerangan dan pemahaman yang diberikan oleh perusahaan sehingga
dapat merubah tingkah laku khalayak perusahaan.