SKRIPSI

File Icon

STRATEGI KOMUNIKASI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA GORONTALODALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PELANGGAN

Tanggal Upload: 03/06/2025

Penulis / NIM:
PUTRI ANGGREANY M. PAKAYA / S2218036

Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
Strategi komunikasi, Pelayanan Publik,

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Gorontalo dalam memberikan informasi kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk memperoleh fenomenafenomena yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PDAM Kota gorontalo telah menerapkan strategi komunikasi yaitu melalui: (1) Mengenal Khalayak; Khalayak sasaran perusahaan difokuskan kepada calon pelanggan,pelanggan sebagai target penerima informasi. (2) Menyusun pesan ;Pesan yang dimaksud ialah berupa penerangan oleh perusahaan terkait keluhan pelanggan yang diajukan hingga informasi umum yang dibutuhkan oleh pelanggan.(3) Penggunaan Media ; Media sosial banyak digunakan sebagai alat dalam memberikan informasi kepada pelanggan. karena kecepatan dan kemudahan dalam proses komunikasinya. PDAM Kota Gorontalo juga memanfaatkan media cetak seperti koran,baliho dan pamflet(4) Menetapkan metode ; beberapa metode yang digunakan oleh PDAM Kota Gorontalo dalam memberikan informasi yaitu Redundancy atau metode penyampaian pesan secara berulang, Edukatif metode penyampaian pesan dengan cara menerangkan pesan disesuaikan dengan fakta,data yang terjadi dilapangan, dan Metode informatif berupa penerangan dan pemahaman yang diberikan oleh perusahaan sehingga dapat merubah tingkah laku khalayak perusahaan.
Berkas Lampiran
Unduh File