KUALITAS PELAYANAN DI DESA BOTUMOITO KECAMATAN BOTUMOITO KABUPATEN BOALEMO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
HESTI POMALINGO / S2116075
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Kualitas pelayanan
Abstrak:
Keberhasilan dari suatu pelayanan publik adalah untuk mendapatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat atas kualitas pelayanan yang di berikan. Karena itu dibutuhkan kualitas yang prima dan professional pada pegawai. Pemimpin harus selalu memberikan dukungan dan komitmen kepada bawahan dalam pemberian pelayanan publik dan memberikan dukungan dan komitmennya kepada para pengguna pelayanan publik. Organisasi publik harus selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan memperhatikan prinsip kerja sama dan partisipasi antar pegawai, organisasi publik juga dituntut selalu melakukan perbaikan dalam sistem mempermudah suatu proses pelayanan.
peranan kepala desa dan pegawainya dipandang sangat penting keberadaannya dalam upaya memutus persoalan-persoalan yang terjadi di desa Botumoito. Untuk mewujudkan atau mencapai pelayanan perangkat desa pada masyarakat yang diinginkan kepala desa Botumoito harus menjalankan fungsi dan tugasnya dengan cara mengarahkan, memotivasi, mengawasi, bekerja sama serta memelihara komunikasi yang dialogis pada perangkat desanya secara terus menerus, agar para pegawainya menyadari bahwa mereka memang dibutuhkan dan tidak dibeda-bedakan, sehingga mereka mengerjakan pekerjaan mereka dengan sebaik-baiknya, demi kepuasan masyarakat