KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPEGAWAIAN DI KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI GORONTALO
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
MOHAMAD ARIEF ISMAIL / S2117061
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
kinerja, aparatur sipil negara, pelayanan kepegawaian
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja aparatur sipil negara (ASN) dalam memberikan pelayanan kepegawaian di kantor badan kepegawaian daerah Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu diartikan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Informan dalam penelitian ini adalah sekretaris badan kepegawaian daerah Provinsi Gorontalo, ASN kantor badan kepegawaian daerah Provinsi Gorontalo, dan ASN dari instansi pemerintah yang membutuhkan pelayanan kepegawaian di kantor badan kepegawaian daerah Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparatur dalam memberikan pelayanan kepegawaian, dari aspek kualitas kerja terkait pelayanan kepegawaian di BKD provinsi Gorontalo, masih terdapat beberapa kesalahan ASN dalam menyelesaikan pekerjaannya, seperti adanya kesalahan ketik dan penyusunan data-data. Kemudian dari aspek kuantitas atau banyaknya pekerjaan yang dapat diselesaikan aparatur dalam memberikan pelayanan kepegawaian, penyelesaian pekerjaan aparatur sering kurang tepat waktu karena kendala teknis, seperti pejabat penandatangan tidak berada di kantor. Adapun dari aspek waktu kerja, masih ada aparatur di BKD dalam memberikan pelayanan kepegawaian, terkadang belum atau tidak berada di tempat tugas/front office, dan terpaksa harus ditunggu atau berkas dititipkan saja ke rekan kerja aparatur yang bersangkutan, dan jika pejabat yang harus menandatangani tidak ada, pemohon pelayanan kepegawaian harus balik lagi besok.