PENGARUH FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL CONFIDENCE, INCOME DAN HEDONIC LIFE STYLE TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR PADA GENERASI Z DI KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
SASKIA MAHARANI P. MOONTI / E2120015
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
literasi keuangan, keyakinan keuangan, pendapatan, gaya hidup hedonis, perilaku keuangan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh financial literacy, financial confidence, income, dan hedonic lifestyle terhadap financial behavior pada Generasi-z di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Populasi penelitian merupakan generasi-Z yang berdomisili di Kota Gorontalo. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan software smartPLS Versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan financial literacy berpengaruh terhadap financial behavior, financial confidence berpengaruh terhadap financial behavior, dan hedonic lifestyle berpengaruh terhadap financial behavior. Sementara variabel income tidak berpengaruh terhadap financial behavior.