PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR N-MAX (Studi Kasus Mahasiswa Kota Gorontalo)
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
ABD. AMAR HIGA / E2118075
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
desain produk, keputusan pembelian
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Desain Produk (X) yang terdiri dari Ciri-ciri (X1), Kinerja (X2), Mutu Kesesuaian (X3), Tahan Lama (X4), Tahan Uji (X5), Kemudahan Perbaikan (X6), dan Model (X7) secara Simultan terhadap keputusan pembelian (Y) sepeda motor Nmax (Studi Kasus Mahasiswa Kota Gorontalo). Metode yang digunakan didalam penelitian ini melalui pendekatan k kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Nmax. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path AnalysHasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel Dari Ciri-ciri (X1), Kinerja (X2), Mutu Kesesuaian (X3), Tahan Lama (X4), Tahan Uji (X5), Kemudahan Perbaikan (X6), dan Model (X7) secara simutan berepengaruh posistif dan signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Sepeda Motor Nmax (Studi Kasus Mahasiswa Kota Gorontalo) yaitu menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel (1.429 > 3.09) dari tingkat signifikan sebesar 0,001 < a = 0,05. Dari hasil olahan diperoleh nilai sig F sebesar 0,001 dengan nilai probabilitas 0,05. Hasil pengujian hipotesis kedua variabel Ciri-ciri (X1) Secara ParsialBerpengaruh Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Sepeda Motor Nmax yakni nilai keofesien sebesar 0,328 atau 32,8% dengan nilai sig 0,001<0,05. Hasil pengujian ketiga v variable K Kinerja (X2) Secara P Parsial Berpengaruh Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Sepeda Motor Nmax yakni nilai keofesien sebesar 0,215 atau 21,5% dengan nilai sig 0,026<0,05. Hasil pengujian keempat variabel Mutu Kesesuaian (X3) Secara Parsial Berpengaruh Tidak Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Sepeda Motor Nmax yakni nilai keofesien sebesar -0,168 atau 16,8% dengan nilai sig 0,085>0,05. Hasil pengujian kelima variabel Tahan Lama (X4) Secara Parsial Berpengaruh Tidak Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Sepeda Motor Nmax yakni nilai keofesien sebesar -0,202 atau 20,2% dengan nilai sig 0,524>0,05. Hasil pengujian keenam variabel Tahan Uji (X5) Secara Parsial Berpengaruh Tidak Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Sepeda Motor Nmax yakni nilai keofesien sebesar -0,064 atau 6,4% dengan nilai sig 0,500>0,05. Hasil pengujian ketujuh variabel Kemudahan Perbaikan (X6) Secara Parsial Berpengaruh tidak Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Sepeda Motor Nmax yakni nilai keofesien sebesar -0,024 atau 20,4% dengan nilai sig 0,800>0,05. Hasil pengujian kedepalan variabel Model (X7) Secara Parsial Berpengaruh Tidak Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Sepeda Motor Nmax yakni nilai keofesien sebesar 0,435 atau 43,5% dengan nilai sig 0,171>0,05.