KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN TALUMOLO KECAMATAN DUMBO RAYA KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
RUSTAM WAHAB / S2117059
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
sifat administrasi publik, pemenuhan wilayah lokal
Abstrak:
Kajian ini diharapkan dapat memutuskan sifat administrasi publik di kelurahan
Talumolo, Dumbo Raya, Kota Gorontalo, dan unsur-unsur penghambat
administrasi publik di Talumolo, Dumbo Raya, Kota Gorontalo. Tinjauan ini
menggunakan jenis pemeriksaan yang berbeda dengan metodologi subjektif.
Eksplorasi subyektif dapat diartikan sebagai strategi pemeriksaan tergantung pada
cara berpikir postpositivisme, digunakan untuk melihat keadaan item normal,
(bukan percobaan) di mana spesialis adalah instrumen kunci, metode pengumpulan
informasi dilakukan dengan triangulasi (bergabung), penyelidikan informasi
bersifat induktif/subyektif, dan hasil subjektif menggarisbawahi makna yang
bertentangan dengan spekulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat
administrasi publik di Kantor Kelurahan Talumolo Wilayah Dumbo Raya Kota
Gorontalo sudah berjalan sesuai petunjuk administrasi, kualitas bantuan yang luar
biasa tercermin pada 1) Keterusterangan, 2) Tanggung jawab, 3) Kontingen, 4)
Partisipatif, 5) Keadilan, 6) Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Namun demikian,
masih terdapat kekurangan sebagai beberapa faktor yang menggagalkan sifat
administrasi publik, khususnya tidak adanya kantor yang memuaskan dan kerangka
administrasi terkait dalam kenyamanan klien administrasi atau penerima manfaat
administrasi, seperti tidak adanya (SDM) dalam PC yang berfungsi.