ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK TELKOM INDIHOME DALAM MEMELIHARA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. TELEKOMUNIKASI MARISA
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
ADITYA ALZUFRIN MUDA / S2117176
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
strategi diferensiasi, produk telkomsel, loyalitas pelanggan DALAM vi
Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Diferensiasi Produk Telkom IndiHome Dalam Memelihara Loyalitas Pelanggan Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Marisa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan angka-angka dan kata-kata atau kalimat dan gambar dengan memakai sampel dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Telkom Witel Marisa Bagian IndiHome baik bagian pemasaran maupun teknisi yang berjumlah 31 karyawan. Adapun teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh yaitu cara pengambilan sampel kepada seluruh anggota populasi karena jumlah populasi kurang dari 100 maka semua anggota populasi dijadikan sampel. Jadi total sampel yang dijadikan responden adalah 31 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bentuk produk yang di tawarkan oleh Telkom Indihome Ritel Marisa memiliki bentuk yang berbeda dari produk indihome lainnya, strategi diferensiasi yang diterapkan adalah yaitu Indihome Triple Play yang terdiri dari telepon rumah, layanan internet, dan UseeTV. Keunggulan dari diferensiasi produk IndiHome Ritel Marisa dalam menarik perhatian pelanggan untuk berlangganan adalah Telepon dengan kualitas suara yang lebih jernih karena tidak menggunakan kabel tembaga melainkan sudah menggunakan fiber optik atau serat optik yang terbuat dari kaca, Layanan internet yang Unlimited (tak terbatas) dengan Speed (kecepatan) mulai dari 10 Mbps sampai 100 Mbps, serta UseeTV yang memiliki fitur didalamnya yaitu on Demand untuk menonton kembali acara TV yang sudah berlalu.