GAME EDUKASI MATA PELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : SMA Negeri 01 Tilamuta)
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
ROMIN DAI / T3117182
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Kata Kunci:
Game Edukasi, Android, Mata Pelajaran Geografi
Abstrak:
Penelitian ini dapat bertujuan menghasilkan sebuah game edukasi yang mampu memberikan pembelajaran dan menghasilkan sebuah game edukasi yang alternative dalam belajar dan pengetahuan lebih tentang Sebaran Flora dan Fauna berbasis android yang bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi game edukasi geografi sebaran Fauna dan Fauna. Research and Development (R&D) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan software pendukung yaitu Construct 2. Dalam tahapn penelitian ini meliputi tahap pengujian sistem, pengembangan, kontruksi, desain dan analisis. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang ditinjau ahlli materi dan pakar media, kemudian yang menjadi media uji coba adalah siswa. Pengujian dan penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 01 Tilamuta dengan melipatkan responden sebanyak 60 siswa yang memberikan penilaian terhadap game melalaui kuesioner, kemudian penilaian diartikan menjadi deskriptif kualitatif untuk dapa mengetau kelayakn dari game. Aplikasi ini telah bebas dari kesalahan komponen-komponennya, berdasarkan pengujian Black Box, dari hasil pengujian User Acceptance aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk anak-anak siswa SMA Negeri 01 Tilamuta. Demikian dapat disimpulkan bahwa diperoleh Game Edukasi Mata Pelajaran Geografi Berbasis Android yang baik dan efektif sehinga untuk diimplementasikan