SKRIPSI

File Icon

IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DATA SISWA BARU BERDASARKAN PILIHAN JURUSAN (Studi Kasus SMKN 2 GORONTALO UTARA )

Tanggal Upload: 03/06/2025

Penulis / NIM:
ALFANDI PULUBUHU / T3118138

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
K-means, Clustering, data siswa

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk memperoleh hasil clustering dengan model K-Means yang telah digunakan. 2). Untuk mengimplementasikan data mining dengan menggunakan metode algoritma K-Means clustering dalam menentukan jurusan bagi siswa baru di sekolah Smk N 2 Gorontalo utara. Dalam penelitian ini Pengumpulan data yang digunakan terbagi atas dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dari sumber dengan cara wawancara langsung dengan pihak sekolah tersebut. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari buku, jurnal, catatan dan dari informasi lain yang ada kaitannya dengan penelitian kali ini. Maka yang menjadi objek penelitian ini adalah implementasi algoritma k-means clustering data siswa baru berdasarkan pilihan jurusan. Penelitian ini dimulai dari bulan mei 2021 yang berlokasi di desa dumolodo. Hasil pembahasan Implementasi algoritma k-means dalam mengelompokan data siswa berdasarkan pilihan jurusan di sekolah SMK N 2 Gorontalo utara menghasilkan klaster data siswa berdasarkan jurusan. Pengelompokan data siswa berdasarkan pilihan jurusan menggunakan algoritma k- means dengan memanfaatkan tools rapidminer, dinilai mampu mengelompokan data siswa untuk menentukan jurusan dengan akurat, hal tersebut dapat membantu pihak sekolah dalam mengelompokan dan mengolah data siswa baru dengan tepat.
Berkas Lampiran
Unduh File