SKRIPSI

File Icon

ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT KOTA BARAT KOTA GORONTALO

Tanggal Upload: 01/06/2025

Penulis / NIM:
TEGUH RIVAL MOHAMAD / S2118016

Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
kepuasan masyarakat; pelayanan publik

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik di Kantor Camat Kota Barat Kota Gorontalo. Dalam penelitian ini, penetiti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai analisis kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik di Kantor Camat Kota Barat Kota Gorontalo. Adapun penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan dipilih sebagai informan yakni Sekertaris Camat, tokoh masyarakat, dan warga masyarakat yang dilayani 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat cukup puas dengan pelayanan publik yang diberikan aparatur di Kantor Camat Kota Barat Kota Gorontalo. Dari lima indikator untuk mengukur kepuasan masyarakat yakni tangibles (bukti langsung), reliability(kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati), hanya dua indikator yang masih mendapat respon negatip dari warga masyarakat selaku penerima pelayanan, yakni tangibles (bukti langsung) dan reliability (kehandalan).
Berkas Lampiran
Unduh File