OPTIMALISASI PEMBINAAN KETERAMPILAN TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM PADA LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II GORONTALO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
AWALUDDIN BAHRUN / H1120002
Program Studi:
S1 Ilmu Hukum
Kata Kunci:
optimalisasi, pembinaan, anak berhadapan dengan hukum, LPKA
Abstrak:
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembinaan keterampilan terhadap anak binaan yang berhadapan dengan hukum di LPKA Anak Kelas II Gorontalodan hambatan dalam pembinaan keterampilan terhadap anak binaan yang berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas II Gorontalo . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pembinaan keterampilan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas II Gorontalo hambatan yang mempengaruhi optimalisasi pembinaan keterampilan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas II Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kegiatan pembinaan keterampilan di Lembaga tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat bebrapa hambatan dalam implementasi program pembinaan keterampilan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gorontalo, seperti kurangnyasarana dan prasarana pelatihan untuk anak binaan, kurangnya sumber daya manusia yang berkualifikasi dan keterbatasan anggaran yang dialokasikan dalam program pembinaan keterampilan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan beberapa strategi optimalisasi, termasuk peningkatan pelatihan staf, pengembangan program keterampilan yang lebih kontekstual, dan perluasan kerjasama dengan pihak eksternal.