PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI APLIKASIZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 3 KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
MUHAMMAD RAFIYUDDIN / S2221025
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
eknologi komunikasi, Zoom, media pembelajaran daring, pascapandemi Covid-19, sekolah
Abstrak:
Media pembelajaran daring menjadi media popular dalam dunia pendidikan,terutama pada masa Pandemi Covid-19. Penggunaan teknologi komunikasi punmeningkat, salah satunya aplikasi Zoom. Seiring dengan perubahan global baiksebelum, selama, dan setelah Pandemi Covid-19, penggunaan aplikasi zoomsebagai media pembelajaran mengalami dinamika. Penelitian ini bertujuanmengetahui: 1) penggunaan teknologi komunikasi aplikasi Zoom sebagai mediapembelajaran daring pasca pandemi Covid-19 di SMAN 3 Kota Gorontalo dan 2)hambatan penggunaan teknologi komunikasi aplikasi Zoom sebagai mediapembelajaran daring pasca pandemi Covid-19 di SMAN 3 Kota Gorontalo.Metode kualitatif diterapkan dengan pemgumpulan data melaluo observasi,wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aplikasi Zoom masih digunakan secaraefektif dalam pembelajaran jarak jauh, terutama untuk pengulangan materi,diskusi interaktif, dan kolaborasi kelompok kecil. Fitur-fitur seperti berbagi layar,ruang breakout, dan perekaman pertemuan terbukti mendukung prosespembelajaran yang lebih visual dan adaptif meskipun masih ditemukan pulabeberapa hambatan penggunaannya. 2) Hambatan penggunaan teknologikomunikasi aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran daring pasca pandemiCovid-19 di SMAN 3 Kota Gorontalo di antaranya adalahi keterbatasan aksesinternet dan perangkat pada sebagian siswa. Hambatan-hambatan itu berpotensimengurangi keadilan dalam pengalaman belajar. Secara keseluruhan, aplikasiZoom dinilai relevan dalam melengkapi pembelajaran tradisional dan mendoronginovasi pedagogis, meskipun tantangan aksesibilitas tetap menjadi perhatian.