PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG (Studi Pada Kawasan Industri Karawo Telaga Gorontalo)
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
INDA ROSDIANA MOU / E2118070
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
inovasi produk, atribut produk, keputusan pembelian ulang
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari Pengaruh Inovasi Produk dan
Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang baik secara simultan maupun
secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Y). Metode analisis yang
digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini
bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa Inovasi Produk (X1) dan
Atribut Produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian Ulang (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square)
sebesar 0.643 (64.3%). Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil
dengan nilai 83.806, sedangkan F-tabel sebesar 3.090 dan probability sig 0.000 <
probability a = 0,05. Hipotesis kedua Inovasi Produk (X₁) terhadap Keputusan
Pembelian ulang (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (u)
(0.000<0.05). T-hitung bermilai lebih besar dari nilai t-tabel (6.495>1.661). Hipotesis
ketiga Atribut Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian Ulang (Y). Nilai probability alpha (a) (0.001 < 0,05). Sedangkan untuk
nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.601>1.661).