PENGARUH IKLAN SKIN CARE DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ICHSAN GORONTALO
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
MOHAMMAD MAULANA KATALAINI / S2216004
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
iklan skin care, instagram, minat beli
Abstrak:
Penelitian ini
bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh iklan skin care di instagram
terhadap minat beli mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Ichsan Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode survey dangan
pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh
(sensus), karena jumlah populasi relatif kecil, yakni sebanyak 31 orang mahasiswi. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil
penelitian menunjukkan iklan skin care berpengaruh terhadap minat beli mahasiswi
Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Ichsan Gorontalo sebesar 63,8%. Sisanya
sebesar 0,362 atau 36,2% dipengaruhi oleh variable luar. Dari hasil analisis deskriptif
dapat diketahui bahwa sebagian besar mahisiswi melihat iklan skin care di instagram
lebih dari 3 kali dalam sehari, mereka juga memahani isi pesan yang ada di iklan skin
care yang mereka lihat/baca/dengar, namun masih kurang melihat iklan skin care di
instagram secara keseluruhan dari awal sampai akhir.