ANALISIS USAHA IKAN LELE PADA CATFISH BULILA DI DESA BULILA KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
WELTON UWENTE / P2217033
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
ikan lele, pemasaran, produksi, strate
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi ikan lele, menganalisis proses pemasaran ikan lele, dan mengetahui strategi pemasaran ikan lele pada Catfish Bulila di Desa Bulila Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Informan yang digunakan yakni tiga informan dengan menggunakan panduan kuisioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan SWOT untuk merumuskan strategi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses produksi ikan lele di Catfish Bulila sangat memperhatikan kualitas demi kepuasan konsumen. Pemasaran produk melibatkan produsen, pengecer yang berasal dari berbagai rumah makan. Adapun stategi yang ditempuh Catfish Bulila yaitu terus mempertahankan kualitas, pelayanan serta kontinuitas, serta meningkatkan jaringan distribusi dan kemitraan.