SKRIPSI

File Icon

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. ASURANSI WAHANA TATA CABANG GORONTALO

Tanggal Upload: 05/06/2025

Penulis / NIM:
IWAN MIU / E2112237

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2019

Kata Kunci:
kualitas pelayanan, kepuasan nasabah

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan (X) yang meliputi keandalan (X1), ketanggapan (X2), jaminan(X3), empati (X4), bukti fisik (X5) secara simultan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) yang meliputi keandalan (X1), ketanggapan (X2), jaminan(X3), empati (X4), bukti fisik (X5) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yaitu sebesar 0.416 atau 41,6%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa keandalan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar 0.186 atau 18,6%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel ketanggapan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar 0,307 atau 30,7%. Hasil pengujian keempat menunjukkan bahwa variabel jaminan(X3) secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar -0.156 atau -15,6%. Hasil pengujian kelima menunjukkan bahwa variabel empati (X4) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar 0,381 atau 38,1%. Hasil pengujian keenam menunjukkan bahwa variabel bukti fisik (X5) secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar -0.071 atau -7,1%.
Berkas Lampiran
Unduh File