PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. ASURANSI WAHANA TATA CABANG GORONTALO
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
IWAN MIU / E2112237
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
kualitas pelayanan, kepuasan nasabah
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kualitas pelayanan (X) yang meliputi keandalan (X1), ketanggapan (X2),
jaminan(X3), empati (X4), bukti fisik (X5) secara simultan terhadap kepuasan
nasabah (Y) pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo. Pengumpulan
data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji
reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path
Analysis).
Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan
(X) yang meliputi keandalan (X1), ketanggapan (X2), jaminan(X3), empati (X4),
bukti fisik (X5) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada
PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yaitu sebesar 0.416 atau 41,6%.
Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa keandalan (X1) secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada
PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar 0.186 atau 18,6%.
Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel ketanggapan (X2) secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada
PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar 0,307 atau 30,7%.
Hasil pengujian keempat menunjukkan bahwa variabel jaminan(X3) secara parsial
berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT.
Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar -0.156 atau -15,6%. Hasil
pengujian kelima menunjukkan bahwa variabel empati (X4) secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT.
Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar 0,381 atau 38,1%. Hasil
pengujian keenam menunjukkan bahwa variabel bukti fisik (X5) secara parsial
berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT.
Asuransi Wahana Tata Cabang Gorontalo yakni sebesar -0.071 atau -7,1%.