PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
CIRLAN S. HARUN / E2117129
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, nilai perusahaan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan, dan menguji efek mediasi dari ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 38 perusahaan sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Leverage berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun berdasarkan uji sobel diperoleh hasil profitabilitas mampu memediasi ukuran perusahaan ke nilai perusahaan. Tetapi profitabilitas tidak mampu memediasi leverage ke nilai perusahaan.