ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PERUSAAN UMUM DAERAH AIR MINUM (PUDAM) KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
NURHAYATI HUSAIN / S2116147
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Pelayanan Publik
Abstrak:
Adapun hasil penelitian yang diperoleh peneliti dalam melakukan penelitian ini, meliputi, kualitas pelayanan publik di perusahaan umun daerah air minum (PUDAM) Kecamatan Kuandang Kabupaten Gorontalo utara peran kepala perusahaan umum daerah air minum dalam mewujudkan kualitas pelayanan publik. Adapun peran yang dilakukan oleh kepala Perusahaan umum daerah air minum dalam hasil penelitian yang ditemukan adalah meliputi Berwujud, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan dan kepastian, Empati. Adapun hambatan yang di temukan kepala pudam dalam kinerjanya adalah berupa masalah teknis dilapangan.
Kesimpulan dari hasil penelitian Kualitas pelayanan publik di perusahaan umum daerah air minum (PUDAM) kecamatan kwandang kabupaten gorontalo utara dilihat dari aspek Realialible yaitu kehandalan, ataupun kemampuan pegawai untuk melakukan atau melaksanakan jasa (pelayanan) yang diingnkan masih kurang baik ini di karenakan masih ada komplain dari konsumen terhadap pegawai dalam menjalankan tugasnya. terutama dalam kelancaran air dan kerjernian air. dan diharapkan perusahan umum daerah air minum lebih maksimal meberiakan kepuasan dan selalu mengutamakan keluhan konsumen/masyarakat.