PERILAKU KONSUMEN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG CURAH DI DESA TANGGA JAYA KECAMATAN DULUPI KABUAPTEN BOALEMO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
HAIS DUAYAHU / P2218037
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
konsumen, minyak goreng curah, pembelian.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor budaya, faktor sosial, faktor
pribadi, dan faktor psikologis yang paling berpengaruh dalam pengambilan
keputusan pembelian minyak goreng curah di Desa Tangga Jaya Kecamatan
Dulupi Kabupaten Boalemo. Metode penelitian ini bersifat kualitatif yang diberi
skala sehingga menjadi data-data yang bersifat kuantitatif. Skala yang digunakan
pada kuisioner yaitu skala likert yang dianalisis menggunakan analisis regresi
berganda yang terdiri dari variabel faktor psikologi (X1), faktor pribadi (X2),
faktor sosial (X3), dan faktor bidaya (X4). Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 20 responden dengan menggunakan rumus slovin (20%). Hasil
penelitian menjelaskan bahwa perilaku konsumen pada pembelian minyak goreng
curah ditinjau dari 4 faktor yaitu faktor psikologi, faktor pribadi dan faktor sosial
dan faktor budaya yang ada di Desa Tangga Jaya Kecamatan Dulupi Kabupaten
Boalemo berada pada kategori kuat dengan nilai 73,0%.