PENGARUH STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO LASKAR PELANGI DI KECAMATAN PAGUAT KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
LISA H. HAMU / E2119261
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
strategi pemasaran, volume penjualan
Abstrak:
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah menganalisis pengaruh strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi dan promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap peningkatan volume penjualan Toko Laskar Pelangi di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis data adalah : 1) Strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi dan promosi memiliki pengaruh positif sebesar 44,50% dan signifikan secara simultan untuk meningkatkan volume penjualan Toko Laskar Pelangi di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. 2) Strategi produk memiliki pengaruh negatif atau secara tidak langsung sebesar 0,159 dan tidak signifikan secara parsial untuk meningkatkan volume penjualan Toko Laskar Pelangi di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. 3) Strategi harga memiliki pengaruh positif sebesar 0,166 dan tidak signifikan secara parsial untuk meningkatkan volume penjualan Toko Laskar Pelangi di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. 4) Strategi saluran distribusi memiliki pengaruh positif sebesar 0,346 dan tidak signifikan secara parsial untuk meningkatkan volume penjualan Toko Laskar Pelangi di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. 5) Strategi promosi memiliki pengaruh positif sebesar 0,473 dan signifikan secara parsial untuk meningkatkan volume penjualan Toko Laskar Pelangi di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato.