PENERAPAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAТ KOTA BARAT KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
NURHIDAYAT PATEDA / S2118024
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Implementasi, akuntabilatas, transparansi
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi akuntabilitas dan
transparansi dalam peningkatan pelayanan publik di Kantor Camat Kota Barat di
Gorontalo. Yang mana permasalahannya adalah bagaimana menerapkan akuntabilitas
dan transparansi dalam pemberian pelayanan publik di Kantor Pusat Kabupaten
Gorontalo Kota Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat
deskriptif. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa camat telah melakukan tugas
dan fungsinya sebagai atasan dengan menginformasikan secaraca jelas tentang
kebijakan-kebijakan pelayanan kepada masyarakat. Seluruh staf maupun pegawai
harus melaksanakan tugas sesuai dengan kebijakan yang telah ada, jumlah staf
pelaksana, informasi/pengetahuan yang dimiliki oleh pegawai pelaksana, serta sarana
dan prasarana pendukung penyelenggaraan program pelayanan masyarakat, semuanya
sudah baik dan memadai walaupun jumlah pegawai pelayanan masih terbatas.
Komitmen, kejujuran dan sifat demokratis pegawai dalam menjalankan tugasnya
sesuai dengan kebijkan sudah bagus. Masyarakat merasa telah jelas dan paham
mengenai informasi yang diberikan. Selain itu Kantor Camat Kota Barat juga
menerima kritik serta saran dari masyarakat, dan struktur organisasi
pelaksana/pembagian tugas, standar opersional prosedur (SOP), mekanisme prosedпа
pelayanan, serta standar waktu penyelesaian pelaksanaan pelayanan publik di Kantor
Camat Kota Barat sudah baik dan telah sesuai dengan petunjuk dari pelaksanaan.