SKRIPSI

File Icon

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK PADA USAHA KECIL MENENGAH SENTOSA DI KECAMATAN KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Tanggal Upload: 02/06/2025

Penulis / NIM:
DEVI SEPTIYANINGSIH BOBIHU / E1117088

Program Studi:
S1 Akuntansi

Tahun Akademik:
2021

Kata Kunci:
Faktor-faktor Penentuan Harga Jual Produk

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penentuan harga jual produk ditinjau dari faktor biaya, faktor permintaan dan penawaran, faktor tujuan perusahaan, faktor kondisi perekonomian dan faktor manajemen pada Usaha Kecil Menengah Sentosa di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dimana jenis penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada factor biaya tetap UKM ini melakukan penyetokan barang setiap dua minggu, ini bertujuan untuk mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi kenaikan harga bahan baku. Namun jika stok bahan baku dari UKM ini habis, maka strategi selanjutnya adalah dengan menaikan harga produk dari UKM dengan mengikuti harga pasar pada umumnya. Sedangkan untuk biaya variabel, salah satunya adalah dengan memberikan gaji lembur diluar gaji pokok kepada karyawan, disamping itu jika pesanan membludak maka UKM Sentosa akan segera mencari karyawan baru yang bersifat sementara hanya utk membantu menggambar atau memahat kue krawang. Namun pada dasarnya usaha ini dalam menentukan harga jual kue kerawang sudah berdasarkan factor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga jual produk.
Berkas Lampiran
Unduh File