Pemasaran beras premium (komersil) bulog cabang gorontalo
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
YEYEN SEPTIANINGSI / P2219013
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
Pemasaran, b beras premium komersil, BULOG
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran beras di Perum BULOG Cabang Gorontalo dan juga untuk mengetahui marjin pemasaran dantotal marjin pemasaran beras di perum BULOG Cabang Gorontalo. Metode penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yang menggabungkan metode deskriptif dan analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran beras dikantor perum bulog cabang gorontalo, hanya terdapat dua saluran yakni perum bulog menjual ke pedagang pengumpul, konsumen. Saluran pemasaran kedua perum bulog langsung menjual beras premium ke konsumen dan juga marjin ditingkat lembaga pemasaran beras baik pedagang besar, pedagang pengumpul efisien dalam pemasaran beras dengan kriteria 0,81 % pada tingkat pedagang besar, 0,30 % ditingkat pedagang pengumpul.