PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DAN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (PT. Nenggapratama Mobilindo di Gorontalo)
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
GLORY ASRI DIAH KASMANTO / E2118049
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
komunikasi pemasaran terpadu, ekuitas merek, loyalitas konsumen
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh komunikasi
pemasaran terpadu dan ekuitas merek baik secara simultan maupun secara parsial
terhadap loyalitas konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur
atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang
diajukan mengatakan bahwa komunikasi pemasaran terpadu(X1) dan ekuitas
merek(X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
konsumen (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.626
(62.6%). Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai
73.498 sedangkan F-tabelsebesar 3.100 dan probability sig 0.000 < probability α =
0,05. Hipotesis kedua komunikasi pemasaran terpadu (X1) terhadap loyalitas
konsumen (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0.000
< 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (5.336 > 1.662).
Hipotesis ketiga ekuitas merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas konsumen (Y). Nilai probability alpha (α) (0.000 < 0,05). Sedangkan
untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (9.304> 1.662). Faktor lain yang
tidak diteliti memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen memiliki nilai
pengaruh sebesar 0.374 atau 37.4%.