PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Ichsan Gorontalo)
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
VIDIA MAKSUM / E1117067
Program Studi:
S1 Akuntansi
Kata Kunci:
kecerdasan emosional, perilaku belajar, kepercayaan diri, tingkat pemahaman akuntansi
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan
emosional, perilaku belajar dan kepercayaan diri secara simultan dan parsial
terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas
Ichsan Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek
penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi di Universitas Ichsan Gorontalo.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability
sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey dengan
menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada mahasiswa
akuntansi semester 8 sampai dengan semester 14 di Universitas Ichsan Gorontalo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Perilaku belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat
pemahaman akuntansi. Kepercayaan diri secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional,
perilaku belajar dan kepercayaan diri secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi
Universitas Ichsan Gorontalo.