SKRIPSI

File Icon

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Ichsan Gorontalo)

Tanggal Upload: 04/06/2025

Penulis / NIM:
VIDIA MAKSUM / E1117067

Program Studi:
S1 Akuntansi

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
kecerdasan emosional, perilaku belajar, kepercayaan diri, tingkat pemahaman akuntansi

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar dan kepercayaan diri secara simultan dan parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Ichsan Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi di Universitas Ichsan Gorontalo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada mahasiswa akuntansi semester 8 sampai dengan semester 14 di Universitas Ichsan Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Perilaku belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kepercayaan diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional, perilaku belajar dan kepercayaan diri secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Universitas Ichsan Gorontalo.
Berkas Lampiran
Unduh File